Ceker Ranjau Bu Umi

Jumat sore, 17 Mei 2013

Melanjutkan rencana di warung mie ayam Rabu lalu, saya dan kawan-kawan akhirnya memutuskan untuk pergi ke Ceker Ranjau Babarsari sore ini. Janjian pukul 5 sore bertemu di TKP. Lokasinya sangat strategis. Tepat di sebelah utara traffic light dari arah barat, persisnya di depan butik Bunga Kampus, timur Ayam Goreng Suharti, Babarsari.

Kabarnya tempat itu selalu laris manis dikunjungi pembeli, terutama pecinta masakan pedas. Memang, sebagian besar  menunya berakhiran kata ‘pedas’. Sesampainya di sana kami langsung memesan makanan. Pilihan makanannya terbilang banyak, mulai dari ceker, kepala ayam, paha ayam, sayap, ati, telur, tempe, dan tahu. Semuanya tersedia dalam sajian pedas maupun goreng. Ada juga nasi endog (sambal) ijo, dan (sambal) merah. Masalah harga, jangan khawatir. Harga mahasiswa!   Seporsi ranjau dan ceker dihargai Rp 5.000,- isinya 4 buah.

Sedangkan untuk menu minumannya tidak banyak pilihan. Hanya teh, jeruk, kopi, dan nutrisari yang tersedia dingin dan hangat.

Tidak menunggu waktu lama untuk menikmati pesanan  kami. Yani, Julia, dan Zia memesan ceker pedas. Sedangkan aku ranjau pedas. Untuk minumannya, kami semua pesan es teh yang paling segar.

Dari penampilannya sangat menggoda lidah. Kami tidak sabar untuk mencoba. Ranjau pedas lebih seperti tengkleng ayam, karena isinya lebih banyak tulang. Ya, meskipun ada dagingnya sedikit. Kuahnya yang pedas dan gurih dipenuhi bumbu cabai. Oh ya, aku jadi ingat rica-rica ayam buatan ibu. Seperti itulah masakan di warung makan ini, seperti rica-rica. Tapi gak kalah maknyus dari buatan ibu. He he he…

Makan terus sampai tetes kuah terakhir. Sampai bibir jontor, hidung berair. Gak kuasa menahan pedasnya.

Tempat ini bisa jadi referensi buat teman-teman yang mungkin mau mentraktir kawan-kawannya. Jangan lupa ajak saya juga. Suasananya membuat kita santai dan nyaman. Tersedia untuk makan lesehan atau meja. Warung Ceker Ranjau juga ada di selatan GOR UNY. Tertarik? Harus coba.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s