Buddhist Monastery di Muntilan

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Akhir tahun lalu senang banget yang namanya refreshing dan jalan-jalan. Ketika di SPBU Candi Mas, lihat peta wisata di Magelang. Ternyata banyak lho tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi. Gag salah dong kalo kita mengenal tempat wisata di daerah sendiri.

Pertama dan gag sengaja, kami (berdua) masuk ke Bodhist Monastry yang letaknya 20 meter dari Caandi Mendut. Untuk masuk ke situ gag dipungut bea masuk. Di dekat pintu masuk, ada sebuah kolam bulat yang di atasnya tumbuh bunga lotus. Di tengahnya ada tiang batu yang kira-kira tinggi kurang lebih 2m. Di kaki tiang itu juga ada arca batu. Sayangnya kita gag tahu apa namanya. Karena memang tidak ada tulisannya.

Berjalan menyerong dari situ, menuruni tangga kita akan ke sebuah bangunan seperti tempat ibadah. Seperti rumah ibadah orang Budha, di dalamnya ada patung Budha yang sedang tidur. Di sekitanya ada dupa.

Naik lagi ke tangga tadi. Dan berjalan lurus dengan pintu masuk, di sisi kanan kita ada kolam dan dibangun di atasnya stupa-stupa kecil. Sayangnya air kolam itu tampak tidak terawat karena berwarna hijau pekat. Masih berjalan lurus dengan pintu masuk, di ujung jalan kita akan ketemu dengan tavman kecil. Stupa yang agak besar dengan patung Budha di depannya. Oh ya, di sisi kanan taman itu ada tiang kurang lebih setinggi 4m, dan di atasnya ada patung singa yang berdiri menatap ke luar. Mungkin itu simbol singa sebagai penjaga.

Ke kanan dari taman itu ada sebuah saung atau rumah-rumahan dari kayu yang rapi dan bersih. Di tengah saung itu ada gong yang tampak berat dari besi. Lagi-lagi kami gag tahu apa fungsinya.

Gag banyak yang bisa dilihat di situ. Tapi kesimpulan kami sementara adalah bahwa tempat ini digunakan untuk beribadah. Suasananya nyaman, hening dan bersih. Sebelum meninggalkan tempat itu, seperti biasa, kami sempatkan untuk berpose J Hasyeeekk….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s