Minus Sepuluh Derajat

Sayang seribu sayang, saya tidak bawa kamera saat tur ke bali. Huffth…!

Menakjubkan sekali di Kintamani. Saya gag akan pernah lupa bagaimana keindahan Gunung Batur yang melatarbelakangi Danau Batur. Di dekat hotel kami, Lake View, kami bisa melihat keindahannya. Meskipun hanya sebentar. Karena saat kami tiba di sana kabut sudah mulai turun dan sangat pekat, seakan-akan menyembunyikan pemandangan itu. Padahal saat itu baru pukul 14.30 wita.

Kabut yang turun itu mengawali suhu udara yang beranjak menurun. Untung saja di hotel kami disediakan selimut ekstra tebal, kamar yang nyaman, dan air hangat otomatis. Lagi-lagi saya dapat kawan baru di sana. Memang orang Bali itu ramah-ramah. Indonesia banget pokoknya🙂 Gimana gag ramah. Sesampainya di hotel saya langsung disiapkan kamar sama pemiliknya. Dipersilakan untuk makan. Meskipun akhirnya mereka minta maaf karena baru sadar saya muslim yang sedang puasa saat itu. Saat buka pun saya diajak mengobrol, disiapkan minuman, makanan yang halal bagi saya, dan dapat pengalaman baru.

Pagi pukul 8.00 wita, kami check out. Hari seperti masih jam 6 pagi, berkabut pula. Saya tidak menanggalkan jaket tebal dari badan. Tapi lihatlah mereka, tamu-tamu saya. Tidak memakai jaket, dan hanya pakai celana pendek. Hu huh u…

“Quand l’hiver, on est moins dix degree,” ucap si Bapak yang tahu melihat saya kedinginan. Tuturannya menyiratkan bahwa ini tidak seberapa dinginnya dibanding musim dingin di sana yang mencapai minus 10 derajat C.

“Huwaaa… MOINS dix?” kata saya sambil membuat tanda strip di udara untuk meyakinkan. Si Bapak menjawab iya dan tersenyum.

Tinggalkan Balasan

